29 Desember 2015

Pendaftaran Haji di Tangerang Selatan

source
Alhamdulillahirobbil'alamin... Bulan Desember ini saldo tabungan mabrur di Bank Syariah Mandiri (BSM)sudah mencukupi untuk bisa mendaftar haji. Karena KTP kami ikutnya Tangsel (Tangerang Selatan), jadilah kami mendaftar di Kantor Kementerian Agama Tangerang Selatan (selanjutnya saya sebut Kemenag Tangsel ya). 



Kemarin saya dan suami baru bisa mendaftar haji karena satu dan lain hal, entah suami yang sering mendapat tugas ke luar kota, belum menemukan lokasi persis dimana Kemenag Tangsel-nya, atau pun karena gagalnya rencana foto studio untuk keperluan pendaftaran. 



Kemenag Tangsel ini susah susah gampang nemu lokasinya. Susahnya 2, gampangnya 1, artinya lebih banyak susahnya tapi akhirnya menemukan kemudahan di akhirnya. Alhamdulillah, semua memang perlu usaha biar membekas manis di ingatan (halah).



Bayangin aja ya, pertama dikasih alamat sama CS-nya BSM itu di Jl Juanda Raya dengan nomor telepon sekian sekian. Setalah dihubungi, ngga nyambung sama sekali. Gugling dan menemukan lebih dari dua nomor telepon, banyak yang ngga nyambung, sekalinya nyambung ngga diangkat ataupun ternyata nomor fax! Sampai akhirnya saya nelepon Kanwilnya, nyambung sih tapi lagi-lagi engga diangkat. Istighfar terus deh menghubungi Kemenag via telepon. 



Akhirnya, inget dulu pernah ngebookmarked blog yang ada alamat Kemenag Tangselnya. Di situ disebutkan alamatnya di Jl. Cendekia, Sektor XI Serpong. Tapi ternyata blognya tahun 2014 dan di gugling lagi nomor teleponnya ngga bisa dihubungi. 



Sampai akhirnya nemu blog yang diposting April 2015, alhamdulillah... Lengkap dengan syarat pendaftaran haji dan alamat Kemenag Tangselnya. Saya bookmarked lagi dong, biar saat mendaftar nanti ngga usah gugling-gugling lagi. 



Saya menulis tulisan ini karena ingin sekali membantu para calon jemaah haji yang akan mendaftar di daerah Tangerang Selatan. Soalnya setelah saya dan suami survey, nampaknya kantornya baru jadi dan masih ada bangunan yang masih belum selesai pengerjaannya. Semoga membantu ya...



Alamat Kemenag Tangsel sendiri ada di Komplek BSD, Kencana Loka Sektor XII 5, Kel. Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan – Tangerang Selatan (Kota) Kode Pos 15417.

Kalau dari tol Bintaro, keluar di Pamulang, puter balik ke arah ruko-ruko di Jl Letnan Sutopo dan belok kiri ke Jl Griya Loka Raya (belokannya masih di komplek ruko-ruko). Dari situ lurus terus, ketemu lampu merah masih lurus, ketemu YPK ORA et LABORA di kanan jalan, ngga jauh dari situ ada perempatan, belok kiri. Nah udah deh lurus terus sampai mentok. Ketemu di sebelah kanan ada bangunan bercat kuning bertuliskan KEMENTERIAN AGAMA TANGERANG SELATAN. Pas survey tempat, saya dan suami tanya-tanya dari mulai ke tukang parkir, penjual dan pembeli gorengan, sampai ke pedagang jajanan. Alhamdulillah begitu ketemu kantornya, girangnya kayak ketemu seteguk air pas dahaga menyerang.


Lokasi udah ya, lanjut ke proses pendaftaran. Intinya sih, siapkan berkas-berkas sebelum hari pendaftaran. Jadi pas hari H udah ngga repot lagi menyiapkan dan memisahkan berkas per tempat (Kemenag dan Bank).



Alurnya kemarin itu saya dan suami cek kesehatan di klinik kantor (siapa tahu diminta surat keterangan sehat seperti di Kemenag Tegal), tapi ternyata disana ngga diminta sama sekali. Terus fotokopi berkas-berkas di fotokopian, sama foto studio di Studio Photo sekaligus cetak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan untuk persyaratan. Do'a saya saat itu sih semoga Kemenag-nya ngga labil dalam menetapkan syarat-syaratnya. Qodarulloh, syarat dari blog ini sedikit berbeda. Jadi, ada sekian jam yang seharusnya bisa lebih efektif. Salah juga sih, ngga dilebihin banyak fotonya, begitu cetak lagi, lha kok salah cetak fotonya :(

Astaghfirulloh...

Nah, kelengkapan datanya, saya jabarkan menurut tempatnya ya (sesuai alur)

  1. Pas di Kemenag, nanti ada formulir awal yang perlu diisi. Kemudian dikembalikan ke petugas bersama dengan berkas-berkas berikut:
    • FC KTP 1 Lembar.
    • FC Kartu Keluarga (KK) 1 Lembar.
    • FC Akte Nikah/ Ijazah/ Akte Kelahiran 1 Lembar.
    • FC Buku Tabungan haji bagian informasi nama, no rekening dan bagian saldo terakhir yang sudah mencukupi 25 juta dengan stempel bank.
    • Pas Foto latar belakang putih (bukan editan) close up muka 80 % dengan ukuran 3×4 10 Lembar.
    • Flash Disk/Cd-Rom berisi file Pas foto.
    • Paspor Aseli / FC Passpor jika sudah punya (diperlukan utk cross cek Nama antara Nama di KTP dengan Nama di Akte Nikah/ Ijazah/ Akte Kelahiran).
    • Dari sini akan mendapatkan SPPH asli (Surat Pendaftaran Pergi Haji) untuk dibawa ke bank.
  2. Selesai dari Kemenag, selanjutnya ke bank untuk mendebet tabungan haji dan mendapatkan nomor porsi
    • Pas Foto latar belakang putih (bukan editan) close up muka 80 % dengan ukuran 3×4 5 Lembar
    • Siapkan meterai 1 lembar ya (untuk masing-masing calon jemaah haji)
    • Dari bank akan mendapat Bukti Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk diserahkan ke Kemenag.
  3. Dari bank, kembali lagi ke Kemenag untuk menyerahkan berkas-berkas berikut:
    • BPIH dari Bank
    • SPPH Asli 2 Lembar (yang didapatkan dari Kemenag sebelum ke bank)
    • FC KTP 4 Lembar
    • FC KK 1 Lembar
    • FC Akte Nikah/ Ijazah/ Akte Kelahiran 1 Lembar
    • Pas Foto latar belakang putih (bukan editan) close up muka 80 % dengan ukuran 3×4 5 Lembar dan 4×6 3 Lembar
Selesai :)

Nah, karena saat mendaftar bukan hanya ke Kemenag aja, jadi kalau mau survey tempat, sekaligus survey lokasi bank tempat kita menyimpan dana haji. Jadi, pas hari H ngga usah nyari-nyari lagi deh. Oh iya, foto yang digunakan saat mendaftar ini akan digunakan juga pada saatnya kita sudah akan berangkat. Jadi, ngga boleh hilang atau pun foto lagi.

Untuk pengecekan nomor porsi bisa dicek sendiri ke http://haji.kemenag.go.id
Pendaftaran per 28 Desember 2015 kemarin diperkirakan akan berangkat haji tahun 2031. Bisa jadi maju bila porsi haji ngga ada pengurangan lagi. Amin...

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat. Semoga semua calon haji diberikan umur panjang dan sehat sampai saatnya nanti menunaikan ibadah haji di Tanah suci. Amin...

post signature

12 komentar:

  1. Allhamdulillah sudah bisa mendaftar ya, semoga lancar daiberikan kemudahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.
      amin ya robbal alamin. makasih mba lida doanya :)

      Hapus
  2. wah makasih sharingnya mbk elok... pengin haji tapi waktunya belom tau kapan


    salam kenal ya mbak
    mbak untuk bikin GA biasa aja kok posting aja GAnya.. kalau mau rame banget ya jalanjalan ke blognya temen2 terus kasih tahu kalau kita lagi ngadain GA :) bisa juga sharing di medsoc untuk woro-woronya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga segera terealisasi ya :)
      wah makasih dijawab disini pertanyaan ttg GA-nya ^^

      Hapus
  3. Semoga saya juga ada rezeki buat naik haji. ^^

    BalasHapus
  4. BTW, tidak ada pengikut blognya ya?

    BalasHapus
  5. waa selamat ya bunda rizma sudah bisa mendaftar haji, semoga dilancarkan semuanya, amiinn..

    informasinya juga lengkap banget, makasih yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...
      Amiiin... makasih doanya ta :)
      smg bermanfaat jg buat yg lain

      Hapus
  6. Assalamu'alaikum Bunda Rizma...

    Salam kenal, sy ratna, terimakasih utk postingannya...sangat bermanfaat :)
    Kebetulan sy&suami akan daftar haji di tangsel (sesuai KTP), mohon infonya:
    - FC Buku Tabungan haji bagian informasi nama, no rekening dan bagian saldo terakhir yang sudah mencukupi 25 juta dengan stempel bank. >> ini maksudnya FC buku tabungannya di stempel bank atau bagaimana?
    - utk surat keterangan sehat & gol darah (siapa tau diminta) apakah harus di puskesmas/klinik di tangsel atau bebas dmn saja? sy skr tinggal di surabaya, kalau bisa buat di sini akan lebih mudah :)

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam teteh prima, mohon maaf baru buka blog lagi.
      -utk FC buku tabungan nanti sudah dicap dari bank tempat kita membuka tabungan mabrur (setahu saya petugas banknya sudah otomatis mempersiapkan syarat yang ini)
      -ket.sehat ternyata tidak diminta teh, saya kemarin siapkan dari klinik di jaksel, bukan tangsel. dan ternyata tidak diminta :)

      Semoga jawabannya membantu ya, teh. Terima kasih telah berkunjung, semoga proses pendaftaran hajinya lancar ya teh :)

      Hapus

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.