20 Desember 2016

Periksa ke Dokter Riyana Kadarsari, Sp.OG

Pertama kali mendengar nama dokter Riyana itu sebelum Ramadhan tahun kemarin. Karena saya butuh periksa kondisi rahim saya yang saat itu bermasalah dan sudah tertunda beberapa kali, jadi sabtu itu harus periksa. Pertama sih langsung ke RSIA Dhia mau ketemu dokter Nina Afiani, Sp.Og seperti sebelumnya. Tapi karena entah kenapa hari itu batal periksa setelah bolak balik ke RS-nya. Jadi males, haha...

Masih diatas motor di depan RSIA Dhia, saya menghubungi salah satu mamak Tangsel. Dan beliau merekomendasikan ke BWCC (Bintaro Woman & Children Clinic) saja dengan dokter Riyana. Oke, sebelum kesana, sempat menelpon, tapi nggak ada jadwal dokter Riyana. Yasudah, kesana langsung daftar siapa pun dokternya. Kedua kalinya, batal periksa karena dokternya kena macet dan antrean sudah panjang. 

Singkat cerita, saat itu saya akhirnya diperiksa oleh dokter Rizka di BWCC pada hari minggunya. Belum, belum ketemu dokter Riyana.

***

Setelah Lebaran

Alhamdulillah, testpack menyatakan saya positif hamil setelah sebelumnya dua dokter kandungan
menyatakan saya belum bisa hamil (yang mana saat periksa, saya dan suami sedang merencanakan kehamilan kedua saya).

Karena sejak sebelum ramadhan belum jadi ketemu dokter Riyana, maka dengan kabar gembira ini saya dan suami memutuskan untuk periksa ke dokter Riyana yang katanya terkenal bagus itu.

Saya periksa ke beliau di RSIA Hermina Ciputat. 

Alhamdulillah, seperti saya baca di beberapa blog, beliau orangnya enakeun. Mengalir saja saat menjelaskan sesuatu ke saya dan suami. Sebetulnya dokter Nina juga begitu sih, cuma lebih pendiam saja dibanding dokter Riyana dan ketemunya agak susah karena sudah lebih dai sekali saya sudah atau mau daftar ketemu beliau tapi batal. Hiks

Jadi, paling enak sih, kalau mau ketemu dokter Riyana, diingat-ingat dulu mau tanya apa. Atau boleh dicatat! Haha... 

Kenapa?

Karena dengan satu pertanyaan, beliau bisa menjawab panjang lebar memuaskan hati penanya. Hahaha...

Pantas saja pasien bisa sampai 45 menit berada di ruangan beliau. Ternyata begitu alasannya.

Terus, yang paling penting, beliau orangnya nggak yang menakut-nakuti pasiennya. Justru, kalau sama beliau yang penting ibu hamil happy.

Ingat satu pesan beliau yang menganalogikan Alloh, ibu hamil, dokter, dan calon bayinya dengan:
Arsitek (Alloh), Kontraktor bangunan (ibu), viewer bangunan (dokter), dan bangunan itu sendiri (calon bayi).

Jadi, Alloh sebagai arsitek sudah pasti membuatkan desain sempurna untuk bangunan yang sedang dibuatnya (calon bayi). Ibu sebagai kontraktor sudah tahu harus menggunakan material seperti apa agar bangunan yang dibangun sesuai dengan rancangan Sang arsitek. Jadi, ibu, makannya dijaga agar asupan nutrisinya bagus sesuai dengan apa yang dirancang arsitek. Ibu mau makan sembarangan? Diganti makanan-makanan sehat itu dengan makanan kurang sehat? Bisa saja, yang tahu siapa? Ibu. Akibatnya apa? Ibu juga sudah tahu! Dokter hanya sebagai viewer. Dokter bisa melihat bangunan yang ibu kerjakan pembangunannya hanya dari sisi "kelihatannya" saja, melalui USG. Material yang dipakai sesuai atau tidak dengan yang dirancang arsitek, sebetulnya IBU YANG TAHU. Jadi, sebetulnya, yang tahu calon bayi ibu sehat atau tidak? IBU. Iya IBU.

Jadi, semuanya kembali pada ibu. Ibu adalah kuncinya.

Satu lagi, masalah keguguran, sebetulnya kata beliau bukan karena ada goncangan disaat hamil muda. Bukan! Tapi keguguran adalah proses seleksi dalam tubuh. Tubuh tahu mana yang baik mana yang kurang baik. Jadi, kalau keguguran itu jangan salahkan ibu yang suka loncat-loncat atau naik motor di jalanan jelek. Bukaaan. Kalau tubuh tahu yang jadi calon janin itu kurang baik, maka dengan sendirinya akan diseleksi dan dikeluarkan dengan proses keguguran itu. Meski ibunya sedikit bergerak dan menjaga aktivitasnya. Sebaliknya, kalau memang yang masuk ke tubuh itu sudah baik, mau ibu loncat-loncat ataupun jungkir balik kaya apa juga nggak bakal keguguran.

Pokoknya mah ya, kalau ketemu dokter Riyana, hati jadi adem. Nggak ada lagi alasan untuk "menyalahkan" sesuatu. Catet pah! Hahaha...

Enaknya juga beliau menjawab pertanyaan atau keluhan lewat WhatsApp. Meskipun jawabannya kadang menampar si pengirim keluhan, hahahaha...

Oh iya, kata temen dan baca-baca sih, kalau lahiran nanti, dokter Riyana bakal mengelus-elus punggung kita. Ah, semoga diberi kesempatan merasakan sentuhan beliau yang menguatkan. Amin...

Terima kasih Ya Alloh mempertemukan saya dengan dokter kece ini.

Nah, buat ibu-ibu yang mau periksa ke dokter Riyana, sejauh informasi yang saya dapat, beliau dapat ditemui di BWCC dan di RSIA Hermina Ciputat. Pendaftarannya bisa via telepon seminggu sebelumnya. Jadi, kalau mau periksa hari jumat, telepon ke RSnya jumat pekan sebelumnya. Jadi, bisa milih jam pertemuan. 


INFO:
RSIA Hermina Ciputat (Sekarang berubah nama menjadi RS Hermina Ciputat)
Alamat: Jl. Kertamukti No.2, Ciputat, Cireundeu, Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419


    BWCC (Bintaro Woman and Children Clinic)
Alamat: Jalan Maleo Raya Blok JC 1 No. 6, Pd. Pucung, Tangerang Selatan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15229

Telepon: (021) 7450873


10 komentar:

  1. Mak.. Saya pengen konsul ke dr riyana gak dapet teruz.. Antriannya beeehhhh..... Penuuuhhh... Rencana saya mau promil... Mohon doanya ya mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...
      iya hrs seminggu sebelumnya sih udh booking. dan pas dateng memang antre lagi krn kita gak tau pasien sebelum kita "betah" brp lama ^^

      Hapus
    2. oiya mak...
      Semoga dimudahkan yaa maaak.
      Semangat terusss

      Hapus
  2. Ouw iya mak.. Dr di BWCC enak2 semua mak.. Saya biasanya dr Anggriani.. Ramah dan nyaman juga.. Menurut pengalaman temenku, rata2 spog di BWCC seperti itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya begitu katanya, dr Agriana juga enak katanya. asik2 smua sih kayaknya dokternya. Thanks ya mak udah mampir dan ksh info jg.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Amin ya robbal alamin...
      makasih yaa mooon doanya.
      Doa yg sama utk momon :)

      Hapus
  4. Mba saya juga sama dr riyana. Uk 18weeks. Mau tanya kemarin mba waktu sama dr riyana dikasih banyak vitamin ga selama kontrol ke beliau?

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca postingan ini :) silakan tinggalkan jejak di sini. Maaf ya, spam&backlink otomatis terhapus.